Eksklusif! 7 Inspirasi Desain Backdrop TV Paling Keren

Rumah yang nyaman adalah surga bagi penghuninya. Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang indah, bersih, dan tentunya nyaman. Oleh karena itu, setiap orang pasti berusaha semaksimal mungkin menciptakan rumah sesuai dengan harapan mereka. Konsep rumah dan setiap ruang yang ada di dalam rumah harus diperhatikan agar tercipta suasana rumah sesuai keinginan.

Setiap ruang di dalam rumah memiliki fungsinya masing-masing. Anda bebas menerapkan konsep seperti apa untuk setiap ruang yang ada di rumah anda. Dari sekian banyak jenis ruang yang ada di sebuah rumah, ruang TV menjadi salah satu ruang yang keberadaannya sangatlah penting. Bagaimana tidak? Ruangan yang biasanya dilengkapi dengan Backdrop TV ini tidak hanya sekedar ruang untuk menyimpan TV, tapi juga ruang berkumpul keluarga.

Ruang TV bisa dibilang sebagai pusatnya kehidupan di dalam sebuah rumah. Ruangan ini menjadi ruang keluarga, tempat dimana semua anggota berkumpul menikmati waktu luang mereka dengan mengobrol dan menonton acara TV favorit. Melihat fungsinya yang begitu penting, maka ruangan ini harus didesain dan diatur dengan sebaik mungkin.

Konsep Ruang TV

Setiap rumah pasti memiliki konsep yang sesuai dengan harapan si pemilik. Agar tercipta konsep rumah yang sempurna, maka konsep setiap ruangan yang ada di dalam rumah juga harus sempurna. Begitu juga dengan ruang TV atau ruang keluarga ini. Konsep tema di ruang TV harus dipikirkan sebaik mungkin supaya bisa menjadi ruang yang benar-benar nyaman untuk semua anggota keluarga.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah ruang TV sesuai dengan konsep yang diinginkan. Pertama, anda tentu harus memilih warna yang tepat untuk ruang TV anda. Kemudian, anda bisa memilih furniture apa saja yang akan diletakkan di ruang TV. Lalu yang paling penting dan sangat berpengaruh adalah backdrop TV.

Backdrop TV seringkali disebut juga dengan rak TV. Mungkin terdengar sederhana, namun ternyata backdrop TV memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan suasana ruang yang nyaman dan indah. Backdrop ini tidak hanya berfungsi sebagai spot untuk meletakkan TV tetapi juga mengisi ruang kosong di bagian belakang dan sekitar TV sehingga ruangan akan tampak lebih indah.

Lihat juga: Home Sweet Home! 5 Ide Backdrop TV Kamar Tidur Ini Akan Membuat Siapa Saja Malas Keluar Rumah

Inspirasi Desain Backdrop TV

Banyak sekali pilihan desain backdrop TV yang bisa anda gunakan di ruang TV anda. Jika anda ingin memiliki ruang TV yang tak hanya nyaman tapi juga indah, maka penting sekali untuk menentukan pilihan backdrop TV yang akan dipakai. Berikut ini kami berikan 7 inspirasi desain backdrop untuk TV yang menarik dan bisa anda coba:

1. Konsep Backdrop TV Minimalis yang Paling Populer

Konsep minimalis merupakan salah satu pilihan konsep yang sangat populer saat ini. Gaya minimalis dinilai bisa memberikan tampilan yang simpel namun tetap modern dan elegan. Selain itu, konsep yang minimalis tidak membutuhkan banyak komponen dan biaya yang dibutuhkan juga bisa diminimalkan.

Backdrop TV yang minimalis bisa didapatkan dengan penggunaan jenis rak yang simpel dan berwarna netral. Pilihan warna-warna seperti putih, hitam, dan abu-abu sangat cocok digunakan untuk menghasilkan backdrop TV dengan konsep yang minimalis. Karena konsepnya minimalis maka tidak diperlukan banyak aksen.

Backdrop TV minimalis modern bisa anda dapatkan dengan menggunakan rak TV yang desainnya modern. Selain itu pilihan warna backdrop juga bisa memberikan kesan minimalis modern yang sempurna. Pilih warna-warna netral dan gunakan satu warna saja. Jika memang ingin memadukan dua warna, maka pilih perpaduan warna yang tidak berlebihan.

Backdrop TV Minimalis
Backdrop TV Minimalis

2. Tampil Alami dengan Material Kayu

Kayu menjadi salah satu jenis material yang memiliki banyak kelebihan dan sampai saat ini banyak dipilih sebagai material untuk furniture maupun interior rumah. Material kayu bisa memberikan tampilan alami yang menarik di dalam rumah anda. Kayu juga cocok digunakan untuk berbagai konsep. Selain itu warna kayu yang netral juga mudah dipadukan dengan warna-warna lainnya.

Dari segi kekuatan, kayu yang berkualitas tentu memiliki kekuatan yang bisa diandalkan dan tahan lama digunakan. Anda bisa menggunakan rak kayu sebagai backdrop untuk TV anda dan meletakkan benda-benda seperti frame foto, vas bunga, maupun buku untuk menghias backdrop.

Selain menggunakan rak berbahan kayu, anda juga bisa menggunakan papan kayu sebagai backdrop TV. Papan kayu sebagai backdrop akan memberikan tampilan yang natural sekaligus menyejukkan mata. Pilih jenis kayu yang kuat dan berkualitas agar tidak mudah keropos.

Backdrop TV Motif Kayu
Backdrop TV Motif Kayu

3. Lebih Fungsional dengan Konsep Rak Dinding

Rak dinding dapat digunakan sebagai backdrop TV yang menarik. Rak dinding bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin bagian lantai tetap terlihat. Rak ini ditempelkan langsung di bagian dinding sehingga bisa dibuat sejajar posisinya dengan TV atau mungkin lebih tinggi dan lebih rendah.

Ada dua jenis rak dinding yang bisa anda pakai yaitu rak terbuka dan rak tertutup. Jika anda ingin konsep yang lebih simpel, maka rak dinding terbuka lebih tepat digunakan. Namun jika anda menginginkan rak digunakan sesuai fungsinya untuk menyimpan benda-benda penting, anda bisa menggunakan rak dinding tertutup kaca.

Backdrop TV Rak Dinding
Backdrop TV Rak Dinding

4. Konsep Asimetris yang Unik dan Berbeda

Backdrop TV tidak harus selalu dalam bentuk atau susunan yang simetris. Justru ruangan anda akan terlihat membosankan jika backdrop yang digunakan tersusun simetris. Bagi anda yang menginginkan sebuah konsep unik dan berbeda, sebaiknya anda mencoba menyusun backdrop untuk TV secara asimetris.

Bagaimana caranya membuat backdrop TV yang asimetris? Mudah saja, anda bisa menggunakan rak dinding satuan dan menyusunnya dalam bentuk asimetris kanan dan kiri. Selain itu, anda juga bisa menggunakan permainan warna untuk memperjelas susunan asimetris pada backdrop TV yang anda gunakan.

Backdrop TV Asimetris
Backdrop TV Asimetris

5. Konsep Cermin yang Memberikan Kesan Luas

Cermin sebagai backdrop TV? Sepertinya ide ini cukup menarik untuk dicoba, bukan? Cermin merupakan salah satu senjata andalan yang biasa dipakai di ruangan-ruangan sempit. Penggunaan cermin pada ruangan sempit bisa memberikan kesan luas. Cukup dengan memasang cermin, anda bisa memberikan kesan luas pada ruangan kecil di rumah anda.

Cermin yang dipasang sebagai backdrop untuk TV bisa berupa cermin penuh dalam ukuran besar atau bisa juga sebagai bagian kecil dari backdrop. Pilih bentuk cermin yang unik agar tampilan backdrop menjadi lebih menarik. Penggunaan cermin sebagai backdrop TV bisa memberikan tampilan minimalis modern yang menarik.

Backdrop TV Cermin
Backdrop TV Cermin

6. Memberikan Suasana yang Berbeda dengan Rak Gantung

Rak gantung sesuai dengan namanya terpasang dalam posisi yang menggantung. Artinya rak ini tidak menyentuh lantai dan di pasang langsung di dinding tepat di bawah TV. Anda bisa menggunakan rak terbuka atau rak tertutup sesuai selera. Akan jauh lebih baik jika anda memilih bentuk rak yang sesuai dengan ukuran TV dan warna yang sesuai dengan konsep ruangan anda.

Backdrop yang bagus tidak hanya dipengaruhi oleh bentuk dari rak yang anda pakai. Isi dari rak juga sangat berpengaruh pada tampilan backdrop TV anda. Coba bayangkan jika raknya sudah bagus namun isi raknya berantakan dan tidak terkonsep. Tentu saja akan terlihat buruk, bukan? Jadi, pastikan anda memperhatikan benda-benda apa yang akan diletakkan di rak gantung ini.

Backdrop TV Rak Gantung
Backdrop TV Rak Gantung

7. Fungsional dan Estetis dengan Rak Partisi

Apa itu rak partisi? Rak partisi ini memiliki fungsi ganda tak hanya sebagai backdrop TV tetap juga sebagai partisi atau pemisah atau penyekat ruangan. Jenis backdrop yang satu ini sangat cocok digunakan untuk jenis ruangan yang luas dan butuh penyekat. Jadi, penyekat yang anda gunakan akan terlihat fungsional dan estetis karena digunakan sebagai backdrop TV.

Penggunaan rak partisi sebagai backdrop untuk TV juga bisa menghemat lebih banyak biaya. Jika anda menggunakan rak penyekat sendiri lalu masih harus membuat backdrop TV, tentu biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih besar, bukan?

Anda bisa menggunakan material kayu maupun material lainnya untuk membuat rak partisi sebagai backdrop. Namun perlu diingat, karena digunakan sebagai penyekat dan akan berdiri di tengah-tengah ruangan maka akan jauh lebih baik jika anda memilih material yang kuat.

Backdrop TV Rak Partisi
Backdrop TV Rak Partisi

Lihat juga: Minggu Ini Saya Berhasil Membuat Backdrop TV Minimalis dengan HPL: Ini Caranya!

Tips Memilih Backdrop TV

Sebenarnya masih ada banyak sekali inspirasi desain backdrop untuk TV yang bisa anda dapatkan. Sayangnya, anda tentu tidak bisa menggunakan semua desain itu dan harus memilih salah satu yang terbaik. Merancang sebuah backdrop TV home interior yang indah dan menarik sesuai konsep memang bukan hal yang mudah. Dibutuhkan waktu agar anda bisa memilih backdrop TV yang paling pas sesuai konsep ruangan.

Untuk mempermudah anda menentukan pilihan desain backdrop TV yang pas, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan :

1. Perhatikan Konsep atau Tema Ruangan

Saat akan memilih backdrop untuk TV, sebaiknya anda memperhatikan bagaimana konsep atau tema ruangan yang anda inginkan. Jika anda sudah memiliki konsep ruangan maka ikuti konsep tersebut. Anda tentu tidak ingin merusak konsep ruangan karena memilih backdrop untuk TV yang melenceng dari konsep ruangan anda.

Untuk menyesuaikan backdrop TV dengan konsep ruangan, anda bisa memperhatikan dua hal yaitu desain backdrop dan penggunaan warna backdrop. Pilihlah desain dan warna yang sesuai dengan konsep ruangan. Jika memang belum ada konsep yang diinginkan maka anda bisa mencari referensi konsep ruang keluarga sehingga pemilihan backdrop untuk TV bisa semakin mudah.

2. Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan juga menjadi bahan pertimbangan yang bisa berpengaruh pada pilihan backdrop untuk TV yang akan anda pakai. Dekorasi ruangan dan pilihan furnitur perlu disesuaikan dengan luas atau sempitnya ruangan anda. Salah memilih backdrop untuk TV bisa membuat ruangan sempit jadi semakin sempit dan bisa juga terlihat tak mendominasi pada ruangan yang berukuran luas.

Pada ruangan yang sempit, sebaiknya gunakan backdrop TV yang minimalis tanpa banyak aksen. Selain itu pilih warna-warna yang terang dan jangan terlalu banyak menggunakan perpaduan warna. Pada ruangan yang luas, anda harus pandai memanfaatkan ruang supaya backdrop untuk TV terlihat maksimal tidak terlalu kosong dan membuat ruangan anda tampak tidak hidup.

3. Sesuaikan Ukuran TV

Ukuran TV yang digunakan juga bisa mempengaruhi pemilihan backdrop. Kita tahu bahwa TV yang beredar di pasaran memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pastikan backdrop yang anda pilih bisa memadai dan sesuai dengan ukuran TV yang dipakai. Jangan memasangkan TV yang berukuran besar dengan backdrop yang terlalu kecil.

Sebaliknya, jika anda memakai TV yang berukuran kecil jangan gunakan terlalu banyak aksen karena bisa membuat backdrop terlihat terlalu padat dan ramai. Anda bisa mencoba mencari referensi di internet mengenai desain backdrop untuk berbagai ukuran TV.

4. Perhatikan Sisi Fungsional

Bagian dari dekorasi rumah tidak hanya bisa meningkatkan keindahan rumah namun juga perlu dipikirkan sisi fungsionalnya. Pastikan anda memilih backdrop yang bisa berguna untuk hal lainnya. Penggunaan rak sebagai backrop memang sangat bermanfaat karena selain dipakai sebagai backdrop juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis benda.

Bahkan ada beberapa jenis desain backdrop untuk TV yang menggunakan rak dan showcase. Jadi, showcase tersebut dipakai sebagai backdrop sekaligus digunakan sebagai tempat penyimpanan. Namun, pastikan anda menyusun backdrop dengan benar tanpa mengesampingkan sisi estetika dan kerapiannya.

5. Pilih Jenis Bahan Berkualitas

Jangan hanya melihat berdasarkan desain dan keindahannya saja. Anda juga harus memilih backdrop TV berdasarkan kualitas bahan yang digunakan. Ada beberapa jenis material yang bisa digunakan untuk membuat backdrop TV. Pilihlah bahan yang kuat dan berkualitas sehingga bisa bertahan lama digunakan sebagai backdrop untuk TV anda.

Untuk mendapatkan backdrop TV dengan bahan yang berkualitas mungkin memang dibutuhkan biaya yang besar Namun dengan biaya yang besar ini anda bisa mendapatkan kualitas yang terbaik dan backdrop bisa awet digunakan, tidak mudah rusak.

6. Pertimbangkan Biaya

Coba buat anggaran biaya sebelum anda mencari backdrop untuk TV. Banyak sekali pilihan bahan dan desain backdrop yang bisa anda gunakan dan tentunya dengan harga yang berbeda-beda. Akan jauh lebih baik jika anda mempersiapkan dana terlebih dahulu baru kemudian memilih backdrop sesuai dengan dana yang anda miliki.

Biaya untuk membeli backdrop TV bisa jadi mahal bisa juga murah tergantung pada pilihan anda. Sebaiknya cari banyak referensi dan lakukan survey ke berbagai tempat sehingga anda bisa mendapatkan backdrop sesuai keinginan dengan haga yang terbaik.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika memilih backdrop TV ruang keluarga. Jangan asal-asalan memilih desain backdrop untuk digunakan, namun pilihlah yang terbaik agar anda bisa menciptakan ruang keluarga paling nyaman.

Lihat juga: Perhatikan 5 Hal Ini Jika Mau Membeli Backdrop TV Home Interior

Pemilihan Warna dan Faktor Kebersihan

Warna memegang peran yang penting dalam sebuah konsep ruangan. Begitu juga ketika anda akan memilih backdrop untuk TV anda. Pemilihan warna yang tepat bisa membuat tampilan backdrop menjadi lebih menarik. Karena itulah, anda perlu berhati-hati dengan pilihan warna apalagi jika ruangan sudah di-setting dengan konsep tertentu dan sudah menggunakan warna tertentu.

Mungkin akan lebih mudah jika anda menggunakan backdrop dengan warna tunggal. Namun, jika anda ingin menggunakan kombinasi warna maka perpaduan warna yang tepat harus diperhatikan. Gunakan dua atau tiga warna yang berbeda, jangan terlalu berlebihan karena akan merusak pandangan TV anda.

Selain itu, ketika memilih backdrop untuk TV jangan lupa perhatikan bagaimana faktor kebersihannya. Kebersihan sangat penting untuk dijaga karena berpengaruh pada estetika ruangan anda. Desain backdrop yang simpel tanpa banyak aksen akan mempermudah anda untuk membersihkan backdrop.

Backdrop TV berfungsi sebagai spot untuk meletakkan TV anda. Faktor estetika dan fungsionalnya harus diperhatikan sebaik mungkin. Namun, pastikan backdrop TV yang anda pakai tidak mengganggu pandangan anda ketika menonton TV. Selain itu, jangan memasang backdrop yang mungkin bisa mengganggu posisi TV anda. Hindari pemakaian backdrop dengan desain yang mungkin bisa berbahaya dan tidak efisien.

Leave a Reply

EnglishIndonesian