Yuk Ikuti Tips Cara Merawat Lemari Kayu Jati

Yuk Ikuti Tips Cara Merawat Lemari Kayu Jati
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Siapa sih yang tidak mengetahui lemari kayu jati? Di Indonesia masih banyak masyarakat yang masih menggunakan lemari dari kayu jati. Kenapa sih lemari kayu jati masih menjadi pilihan? Karena lemari kayu jati memiliki keunggulan yaitu kuat dan tahan lama. Yang bahkan bisa di wariskan kepada anak cucu.

Cobalah Anda perhatikan perabot yang digunakan oleh kakek, nenek, ayah, ibu, pak dhe, budhe, masih menggunakan perabot yang terbuat dari kayu jati. Anda akan menemukan lemari pakaian, sofa, meja kopi (coffee table), meja makan dan kursi, tempat tidur, hingga meja rias yang terbuat dari material kayu jati.

Namun, jangan sampai lupa bahwa perabot juga memerlukan perawatan agar tetap awet. Inilah beberapa tips mudah cara merawat perabot lemari kayu jati yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

1. Berilah antara lemari kayu jati dengan dinding

Biasakan berikan jarak sekitar 5 sampai 10 cm dalam menaruh atau menempatkan lemari kayu jati dengan tembok atau dinding. Apa sih keuntungannya? Keuntungannya agar lemari tidak berjamur dan menjaga kelembaban serta Anda bisa membersihkan bagian pinggir lemari.

2. Hindarkan lemari kayu jati dari jangkauan matahari secara langsung

Letakkan lemari dari jangkauan sinar matahari secara langsung. Karena jika lemari jati terkena sinar matahari secara langsung permukaannya akan rusak sehingga akan  terlihat kusam dan tidak menarik.   

4. Hindari Menaruh Pakaian Lembab Atau Basah di Lemari Kayu Jati

Jangan menaruh pakaian yang masih basah atau lembab ke dalam lemari kayu jati. Mungkin hal ini tidak Anda lakukan. Namun, mungkin saja Anda lupa di saat Anda membersihkan lemari menggunakan kain basah.  Karena hal ini dapat memicu tumbuhnya jamur di dalam lemari.

5. Letakkan Kapur Barus di Dalam Lemari Kayu Jati

Biasakan menaruh kapur barus di dalam lemari kayu jati untuk mencegah lembab dan juga jamur. Kapur barus memang memiliki beragam fungsi, salah satunya mencegah jamur pada perabot kayu.

Baca Juga: Berbagai Gaya Desain Interior yang Sangat Kekinian untuk Gaya Hidup Anda

6. Berikan Minyak Khusus Kayu Jati 

Lakukan perawatan rutin setidaknya 1 bulan sekali untuk mengoleskan minyak atau cairan khusus kayu jati supaya warnanya tetap berkilau .

7. Berhati-Hati Saat Memindahkan Posisi Lemari Kayu Jati

Pada saat Anda memindahkan lemari kayu jati, pastikan Anda memindahkannya dengan hati-hati agar tidak ada goresan pada permukaan perabot dan benda yang ada di sampingnya. Mintalah bantuan kepada banyak orang pada saat memindahkan lemari agar bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Perlu Anda tahu bahwa ada cara tersendiri dalam membersihkan Lemari Kayu Jati. Gunakan cara menurut penjelasan di bawah ini!

  • Gunakan Kain Halus untuk Membersihkan Lemari Kayu Jati

Anda bisa menggunakan kain katun, kain halus, atau kemoceng untuk membersihkan debu yang menempel pada furnitur. Lakukan setiap hari atau paling tidak 2 sampai 3 hari sekali secara rutin.

  •  Gunakan Kuas Kecil Pada Bagian Ukiran Lemari Kayu Jati

Gunakan kuas kecil untuk membersihkan bagian ukiran, karena kain atau kemoceng tidak dapat membersihkan bagian yang diukir.

  •  Gunakan Air Hangat Tapi Diperas Terlebih Dahulu

Anda boleh menggunakan air hangat untuk membersihkan lemari yang tidak dipernis. Namun, pastikan kain tersebut sudah diperas sehingga tidak terlalu basah.

  • Gunakan Kain Kering Dan Bersih Saat Membersihkan Lemari Kayu Jati

Bisa juga menggunakan kain kering dan bersih dalam memoles lemari kayu jati. Gunakan cairan pembersih khusus secara berkala. Lakukan secara rutin paling tidak satu bulan sekali, agar lemari kayu jati tetap terlihat bersih dan berkilau.

Untuk anda yang sedang ingin membuat lemari pakaian yang menarik, hubungi kami di Mebelux Furniture sebagai pilihan penyedia mebeler terbaik Anda. Anda akan mendapatkan yang terbaik untuk kecantikan dan fungsional rumah anda secara maksimal.

Subscribe to our Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published.